Setjen DPR Resmikan Program Piloting GoCorp Gojek, Efisienkan Perjalanan Dinas

17-06-2025 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menandatangani MoU dengan GoCorp Gojek pada peresmian program piloting layanan transportasi dinas di Gedung Nusantara, Selasa (17/6/2025). Foto: Mentari/vel

PARLEMENTARIA, Jakarta — Bagian Administrasi Keuangan Sekretariat Jenderal DPR RI menyelenggarakan kegiatan Peresmian dan Sosialisasi Program Piloting Layanan GoCorp by Gojek di lingkungan Badan Keahlian Setjen DPR RI di Gedung Nusantara, Selasa (17/6/2025). Kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar dan pihak GoCorp Gojek.


Dalam sambutannya, Indra Iskandar menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan tindak lanjut atas rekomendasi dari hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menemukan sejumlah ketidakefisienan dalam pertanggungjawaban perjalanan dinas, khususnya dalam kota.


“Kerja sama ini bertujuan untuk memastikan setiap perjalanan benar-benar terjadi (real) dan dilakukan secara efisien, baik untuk keperluan logistik, mobilitas orang, maupun pengiriman barang,” ujar Indra.


Indra menambahkan bahwa melalui sistem GoCorp, seluruh aktivitas perjalanan akan tercatat secara otomatis dan transparan. “Dengan sistem ini, kita tidak lagi tergantung pada ketersediaan dana saat ingin melakukan perjalanan. Semua tagihan akan masuk langsung ke sistem, sehingga akuntabilitas dan efisiensi penggunaan anggaran bisa lebih terjamin,” jelasnya.


Indra juga mengungkapkan bahwa Setjen DPR RI merupakan instansi pemerintah pertama yang menjalin kerja sama dengan GoCorp. Ia berharap program ini dapat menjadi pilot project untuk diterapkan di instansi pemerintah lainnya.


Sementara itu, Deputi Bidang Administrasi Setjen DPR RI Sumariyandono menambahkan bahwa layanan GoCorp tidak hanya mencakup transportasi, tetapi juga layanan Gojek lainnya seperti GoSend dan GoFood. Fasilitas ini diharapkan dapat mendukung kebutuhan operasional instansi secara menyeluruh, termasuk pengiriman dokumen dan konsumsi rapat.


“Selama masa piloting sejak Mei lalu, kami telah menguji berbagai skenario, termasuk perjalanan mendadak. Hasilnya positif. Sistem GoCorp terbukti fleksibel dan mampu mendukung kebutuhan birokrasi yang dinamis,” jelas Sumariyandono.


Ia juga menegaskan bahwa meskipun GoCorp selama ini banyak digunakan oleh sektor swasta, prinsip akuntabilitas keuangan yang diterapkan tetap sesuai dengan regulasi di instansi pemerintah. “Baik di swasta maupun di pemerintahan, setiap pengeluaran tetap harus bisa dipertanggungjawabkan. Jadi sistem ini sudah kompatibel,” ujarnya.


Dengan implementasi layanan GoCorp, Setjen DPR RI berharap dapat menjadi pelopor dalam penerapan teknologi layanan perjalanan dinas yang transparan, akuntabel, dan efisien di lingkungan birokrasi pemerintahan. (ssb/aha)

BERITA TERKAIT
Suprihartini: Media Sosial, Kanal Utama Bangun Persepsi Publik Jaga Citra DPR
13-08-2025 / SEKRETARIAT JENDERAL
PARLEMENTARIA, Jakarta – Dalam mendukung dan mewujudkannya komunikasi terintegrasi dengan satu narasi Sekretariat Jenderal DPR RI , Biro Pemberitaan Parlemen...
CPNS Setjen DPR RI Harus Jadi Agitator Informasi Publik Kinerja Dewan
13-08-2025 / SEKRETARIAT JENDERAL
PARLEMENTARIA, Jakarta –Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar menilai peningkatan keterampilan digital para pegawai, khususnya CPNS, menjadi penting, sehingga...
“Satu Narasi, Multi-Kanal” Platform Komunikasi Politik DPR Sampaikan Kinerja ke Publik
13-08-2025 / SEKRETARIAT JENDERAL
PARLEMENTARIA, Jakarta - Sekretaris Jendral DPR RI, Indra Iskandar, mendorong pentingnya penerapan strategi “Satu Narasi, Multi Kanal” dalam komunikasi politik...
Sekjen DPR RI Sambut Baik Rencana Kedatangan Ketua Majelis Nasional Vietnam
13-08-2025 / SEKRETARIAT JENDERAL
PARLEMENTARIA, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Indra Iskandar menyambut baik rencana kedatangan Ketua Majelis Nasional Vietnam, Mr. Tran...